dialah dia

Ibarat mata yang memandang jauh kelepas pantai, deburan ombak yang menggetarkan gendang telinga, , nafas  menghela panjang  terengah menandakan sebuah lelah, memejamkan mata pertanda pasrah, tiada tangan yang bisa ku genggam, tiada pundak yang bisa aku rengkuh, mencari dengan berlari dan terus berlari untuk mencari, mencari seseorang yang bisa menemani di pulau indah ini.

Andaikan aku bisa melihat setiap harapan baru dalam terbitnya fajar bersama orang yang kucari, andaikan aku bisa menikmati mesranya mentari yang terbenam bersama yang kucari. Gundah adalah suatu ynag biasa, resah menjadi angin dingin yang menyapu batinku. terkadang aku bertanya, Ya Tuhan, aku bukanlah sang Adam yang menjadi manusia pertama , bahkan setelah itupun kau hadirkan hawa untuk menemaninya, adakah seseorang yang akan menemaniku juga?

Pipiku tak kalah basah dengan pasir pantai, tapi sesaat kemudian aku tertegun terdiam ,kemudian tertawa terbahak-bahak dalam irama deburan ombak. Akulah si bodoh yang  sekarang tersadar dari mimpinya,suara deburan ombak sekarang berganti menjadi denting jam dinding , ruangan kotak yang tiapp hari ku lihat, atap berwarna putih dengan lampu neon. Entahlah, mata ini melihat sebuah sennyuman dalam bingkai kecil, dan terasa memanggil, “kesinilah nak, kesini…” Ya!!! Itulah  ibuku!! Malaikat pertama yang dijanjikan Tuhan, semua pemandangan indah dalam mimpiku tidak ada apa-apanya dibandingkan senyumannya, aku tak bisa membayangkan bagaimana suara indahnya harus menjerit saat melahirkanku, aku tak bisa membayangkan seberapa sakit saat dia berjuang mempertaruhkan hidupnya untuk sebuah kehidupan. Mungkinkah aku merindukannya? Tidak! Aku tidak pernah merindukannya! Tapi setiap saat aku selalu  merindukannya. Aku rindu pelukannya, aku ingin disuapinya lagi, aku ingin mendengar lantunan dia membacakan ayat-ayat cinta ilahi, dialah obat lelahku, dialah bahan bakarku, ibu…. Aku sangat merindukanmu..

Iklan

Ramadhan datang! Bersiaplah!

Assalamualaikum warahmatullah wabarakaatuh

Rekan-rekan yang insyaAlloh selalu dirahmati Alloh, saya iseng2 buka Binder SMA saya

terus ada bebrapa catatan tausiyah…

Nah… ini ada catatan dari tausiyah Ust. Achmad Chumaedy (Kalau orang Bandung mungkin tau) dan ada beberapa yang saya tambahin 🙂

catatan ini saya tulis pada saat beliau tausiyah di DaarutTauhid (nama kerennya DT)

tanggalnya 21 September 2006 , ternyata sudah hampir 5 tahun..

langsung aja ya … ini tentang ramadhan.. cekibrooot… 🙂

#Hakikat Saum

  • Menurut bahasa, Al-Imsaak, artinya menahan
  • menurut istilah => menahan diri dari yang membatalkan puasa dari sejak terbit fajar hingga terbenam matahari

orang saum ada 3 macaam (nah Lho)

  • saum orang awam => Hanya menahan lapar, dahaga , dan (maaf) bersetubuh di siang hari
  • saum orang tahu => mampu mengendalikan hawa nafsunya #Lumayan nih…
  • saum orang sempurna => mampu mengendalikan dunia dan isinya # bahkan Mr.Black pun (tokoh jahat di film Saras 008 yang ingin menguasai dunia) kalah sama orang yang bisa menyempurnakan saum. te o pe begete lah

kita mau yang mana yah.. tentunya saum oranng sempurna dong..

mau tau caranya kayak gimana? mau tauuu? #dengan gaya ustadza yang di tra*s TV itu lho (ga tau namanya)

ga usah lihat iklan dulu ini mah, langsung aja lanjutkan bacanya .. hehe

#Mengenai Persiapan Ramadhan

apa saja sih yang harus kita siapkan? kurang lebih yang harus kita isapkan adalah

  1. Persiapan Rohani kita => Berkaitan dengan membersihkan hati, banyak taubat, banyak berdzikir kepada Alloh
  2. Persiapan Ilmu => berkaitan dengan fiqih dan aqidah, jangan sampai kita melakukan amalan2 yang tidak dicontohkan dan malah kita menyia-akan amalan yang dicontohkan, tentunya amalan yang pahalanya dapat berlipat2 #wew Subhanalloh.
  3. Persiapan fisik => harus sehat, jangan sakit.. ya. bisa dengan latihan puasa di bulan sya’ban ini. makanya Rasul menganjurkan kita untuk memperbanyak puasa di bulan sya’ban.. itung2 pemanasan untuk berAKSI di bulan yang suci 🙂
  4. Persiapan Harta => mesti ngumpulin banyak duit nih.. lagi diskon pahala besar2an dari Alloh… ada zakat fitrah juga .
  5. Persiapan bikin goals atau capai-capaian di bulan puasa (menurut saya ini) => bikin List targetan2 di bulan puasa kali ini, misalnya tilawah sehari minimal 5 juz, tiada hari tnpa sodaqoh, bahkan temen saya tagetan bulan puasa menghafal 3 Juz. #Keren Beud bukan?

lanjut gaaan…

biar tambah semangaat

#keutamaan Ramadhan

  1. Ditutupnya pintu nereka dan dibukanya pintu surga . #wow LUARBIASA
  2. Syetan dibelenggu oleh Alloh #tapi bukan berarti ga ada godaan lho… kita harus tetap waspada, WASPADALAH WASPADALAH!
  3. Amal atau pahala kebaikan dilipat gandakan #analaoginya mungkin kalau kerja dapet gajinya dilipatgandakan. *mupeng (tentunya sama pahalanya)
  4. Ada malam dari 1000 bulan #apa coba? Yeepppp!! Lailatul Qadar 🙂

jadi makin ga sabar kan menyambut datangnya ramdhan.,

selain itu masih ada juga

#Faedah Saum

  1. Membarukan iman kita, bukan berarti keyakinan kita jadi ganti. pernah denger kan kalau saum itu layaknya kepompong (ga cuma persahabatan lho yang kaayak kkepompong). mengubah ulat menjadi kupu2. tentunya perbaruan yang BETTER . harta yang paling indah adalah iman, mau badan sakit, hati galau , gundah , gulana, resah , gelisah , risau, kalau Iman kita mantap insyaAlloh ga akan tuh galau2an lagi 🙂 Laa Tahzan ! Innnalloha Ma’ana 🙂
  2. mendidik jiwa/diri kita untuk jujur (para koruptor sepertinnya harus pesntren ramadhan), disiplin, tepat waktu (nih , yang suka ngareet, manfaatkan ramadhan buat jadi orang yang ontime), sabaar (wastainuu bisshabri wasshalaah, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu) , pokoke jadi pribadi yang lebih baik lagi
  3. menahan syahwat
  4. Menumbuhkan perasaan empati , kita bisa merasakan bagaimana kalau ga makan, masih banyak lho sodara2 kita bahkan untuk makan pun harus kurah-koreh di tong sampah. bisa jadi trigger juga buat kita beramal lebih banyak lagi…  ayo! Fastabiqul Khairaat!
  5. Absolutely for Health 🙂 , shumuu Tasihuu.. #untuk lebih jelasnya cari buku atau browsing tentang sehat karean berpuasa 🙂

Wallohua’lam

Begitulah kawans… agan2 yang dicintai Alloh

tinggal berapa hari lagi nih menuju bulan penuh cinta , penuh keberkahan , penuh kebaikan..

yuuk.. semaksimal mungkin menyiapkan segalanya untuk ramdhan kali ini, siapa tahu ini ramdhan terakhiir

ramdhan tahun lalu, kakek dan uwa saya masih merasakan ramadhan 😥

satu lagi, saya juga mau minta maaf kepada semuanya

maaf jikalau punya salah atau bahkan banyak salah ..

maaf ya..

the last , Ramadhan dataaaang… Are you ready??? (jawab masing2 ya)

 

Wassalamualaikum wr. wb,

Mana Manu (untuk negeriku)

Hati,,,,,,,,,,,

Hati yang terlepas oleh ikatan nurani

Kelam, gelap, pekat, sifat tanpa warna

Kelam, gelap, pekat sifat tanpa warna

Sosok mana manu, mana manu, mana manu

Mana manusia mana wakil pencipta dunia ini

Kaki…

Kaki yang melangkah tak tahu arah

Kanan, kiri, depan ,belakang, buntu

Kanan, kiri, depan, belakang, buntu

Sosok mana manu, mana manu, mana manu

Mana manusia mana yang dapat dipercaya

Kemiskinan yang kerap menjadi penderitaan

Kelaparan yang menjadi sumber kematian

Kebodohan yang berawal dari kurang pendidikan

Kejahatan akibat dari pengangguran

Dunia,,,,,

Bak lingkarann setan yang semakin ruwet

Janji mengalir janji

Namun Dusta  selalu setia

Katanya, kemiskinan akan dimusnahkan

Nyatanya pengemis-pengemis bergeletak dijalan

Katanya pendidikan akan ditingkatkan

Nyatanya, pendidikan bergantung pada kekayaan

Katanya, keadilan akan ditegakkan

Nyatanya, jembatan si kaya dan si miskin kian terbentang

Katanya, kolusi, korupsi, dan nepotisme akan ditiadakan

Nyatanya, banyak harta haram yang telah dimakan

Katanya katanya, katanya,,,

Nayatanya, nyatanya…..

Sakit untuk dikatakan

Pedih untuk diungkapakan

Tuhan……………………….

mata siapa bisa ku pinjam

Untuk melihat semua penderitaan

Menangis melihat ketidakberdayaan

Sungguh

Ku memohon pertolongan

Demi perubahan

Napak langkah kecil

Tak bisa apa-apa, lemah tak berdaya, saat ia terlahir pada 11 januari 1991. Pelukan hangat dari seorang ibu menjadikannya kini menjadi pribadi yang kuat, lantunan adzan yang dikumandangkan sang ayah menjadikannya hamba yang selalu menghamba pada Alloh swt. Nazib Abdullah Zawawi Alrasyid nama yang cukup panjang, namun jadi amanah tersendiri untuknya karena pribadinya pun harus sesuai namanya. Dibesarkan dari keluarga yang sederhana, ayah dengan profesi yang sangat membanggakan, petani, dan ibu ynag menjaga warung sederhana di rumah, umur 3 tahun sudah diajari baca tulis dan tentunya mengaji. Alhasil, usia 5 tahun dia masuk ke sekolah dasar di sebuah SD impress SDN Moch Madta dengan prestasi kecil dan menjadi awal dia menjadi seorag pemimpi, ranking satu tak pernah hilang dari rapotnya selama sekolah dasar. Tak berhenti disitu, disaat dia mengerti akan berertinya pendidikan dan berharganya ilmu, dia akhirnya melanjutkan sekolah ke sebuah madrasah tsanawiyah kecil yang hanya terdiri dari 5 ruangan kelas, MTs. Alfatah. Angka satu pun menjadi hal yang biasa pada saat dia berada di sekolah menengah pertama itu, bertemu dengan guru-guru yang semakin membuatnya terbentuk, guru-guru yang menginginkan dia sukses. 3 tahun di MTs selesai, ketika sang ayah menginginkannya untuk mondok disebuah pesantren, namun dia tidak mau, karena dia ingin sesuatu yang baru, akhirnya dia memutuskan untuk sekolah di sma negeri yang sangat jauh dari gunung (rumahnya) , sehingga dia pun bersekolah di SMAN 15 bandung dan tinggal seorang diri di sebuah kamar kos-kosan, orang baru, guru baru dan tentunya pengalaman baru, belajar berorganisasi, belajar berkompetisi, bahkan dia mengenal  cinta di SMA. Sedikit prestasi membuat dia dekat dengan guru-guru, yang bahkan sudah menjadi orang tua sendiri, akhirnya dia lulus dengan predikat lulusan terbaik dan melanjutkan studinya ke tingkat perguruan tinggi, awalnya mungkin dia mimpi ingin bersekolah tinggi, namun sedikit-sedikit dan perlahan tangga itu dinaikinya, hingga akhirnya dia di terima di sebuah perguruan tinggi yang katanya terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia. Dia diterima di jurusan Fisika, mungkin sedikit melenveng dari cita-citanya menjadi seorang dokter ahli bedah, tapi itu tidak embuat patah semanngat, justru dari situlah dia memulai merajut sebuah rangkaian mimpi baru yang akan dia gapai, di kampus dia terkenal dengan sosok yang individualis, cuek, perfeksionis, ga diskuai sama senior karena dia itu anti senioritas,sosok keras kepala yang kuat akan mempertahankan prinsip hidup,namun terkadang egoisnya yang membuat orang tidak nyaman dengan dia, namun apalah daya dialah Nazib yang cuek yang tidak bisa melakukan apa yang semua orang inginkan, belajar organisasi, belajar untuk mengajar, hingga akhirnya terun di dunia training, dan memutuskan untuk menjadi seorang trainer dan motivator. Dia tidak punya apa-apa, tapi dia haya ingin bermanfaat buat orang lain dan tentunya diri sendiri, minimal dia member energy positif untuk anak-anak bangsa untuk terus bersemangat meraih mimpinya, kembali lagi ke mimpi dia, mimpinya yang ingin menjadi seorang presiden yang ingin mensejahterakan rakyat, entahlah, hanya Alloh ynag maha tahu hati kecilnya, kalau lah ada niatan buruk dan akan berdampak buruk, Alloh tidak akan pernah memberikan amanah itu kepadanya. Tapi, WallohuaAlam, Nazib Abdullah Zawawi Alrasyid yang maha kecil tapi punya mimpi besar, yang selalu merasa jadi orang yang paling bodoh di setiap tempat, dan berharap bertambah pintar dengan mendapat ilmu baru untuk menjadi seorang Abdullah seutuhnya.